Langkah-Langkah Menggunakan Kartu Bertanda Positif Dan Negatif
- Siapkan potongan – potongan kertas asturo untuk dibuat kartu-kartu dengan ukuran yang disesuaikan yang terdiri dari 2 warna, biru dan merah. Kartu biru untuk menunjukkan bilangan positif sedangkan kartu merah untuk menunjukkan bilangan bulat negative.
- Cara penggunaanya
Dijelaskan dahulu , bahwa untuk sebuah kartu yang biru (positif) dipasangkan dengan kartu yang merah (negative) maka hasilnya adalah 0 (nol).
Contoh (1) untuk Soal : 5 + (-2) =
Caranya ambil 5 buah kartu biru dan dua buah kartu merah, pasangkan masing- masing satu kartu biru dengan satu kartu merah, hasilnya kartu yang tidak mempunyai pasangan yaitu kartu biru sebanyak 3 buah, berarti jawabannya 3 positif
Jadi 5 + (-2) = 3
Ilustrasi penggunaan kartu pada soal (1)
Contoh (2) untuk soal: 5 - (-3) =
Caranya ambil 5 buah kartu biru, karena mau dikurang -3 belum ada kartu merah, ambil 3 pasang kartu (3 kartu biru dan 3 kartu merah) yang nilainya tetap nol karena berpasangan, karena pengurangan berarti ambil ke 3 buah kartu merah (-3) yang sudah bergabung tadi, sehingga hasilnya bersisa kartu biru ada 8 buah, maka jawabannya 8 positif.
Karena dikurang ambil 3 kartu merah sehingga bersisa 8 kartu biru,
Jadi 5 - (-3) = 8 atau 5 - (-3) = 5 + 3 = 8
Dari contoh-contoh soal yang diberikan oleh guru, siswa diberikan soal-soal latihan sederhana yang dikerjakan dengan kelompoknya, kemudian perwakilan dari kelompok mempresentasikannya dan kelompok yang lain menanggapi.
Ternyata dengan cara menggunakan kartu positif dan negatif, pada operasi bilangan bulat akan lebih mudah untuk dipahami karena menggunakan metode yang sederhana dan berkaitan dengan alat peraga yang bisa siswa anggap seperti dalam bermain, sehingga akan lebih mudah untuk dipelajari
Dijelaskan dahulu , bahwa untuk sebuah kartu yang biru (positif) dipasangkan dengan kartu yang merah (negative) maka hasilnya adalah 0 (nol).
Contoh (1) untuk Soal : 5 + (-2) =
Jadi 5 - (-3) = 8 atau 5 - (-3) = 5 + 3 = 8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar